Blog Yang Berisi Artikel Cerita Fakta Unik Asik Aneh Lucu Menarik Info Pengetahuan Seru Keren Seksi Hot Gaul Misteri Terlengkap Terbaik Terbaru.


Thursday, June 4, 2015

Hah! Universitas Ini di Buka Kembali Setelah 800 Tahun

| Thursday, June 4, 2015
Foto Dok Wikipedia
Foto Dok Wikipedia

BLOG UNIK- New Delhi: Sebuah universitas kuno di India dijadwalkan akan kembali dibuka untuk pertama kalinya setelah 800 tahun ditutup. Universitas Nalanda Baru, yang terletak tak jauh dari reruntuhan Universitas Nalanda Tua di negara bagian Bihar di India akan buka kembali pertengahan September ini.

Pembukaan universitas ini menjadi bagian dari undang-undang khusus Parlemen India. Dipimpin oleh Nobel Laureate Amartya Sen, universitas berskala internasional ini akan didirikan seperti yang didirikan negara-negara lain.

Menggantikan universitas tua yang dibangun tahun 413 di Kekaisaran Gupta sebagai pusat studi filosofis Budha yang hancur pada tahun 1193, universitas baru ini melambangkan kembalinya India ke zaman Waht dimana zaman ini dianggap sebagai era keemasan budaya dan ilmu pengetahuan India.

Universitas kuno ini diketahui menjadi pusat perpustakaan dan pembelajaran dalam hal matematika dan obat-obatan. Sebanyak 10 ribu siswa dan 2000 guru yang berasal dari Cina, Korea, Jepang, tibet, Mongolia, Turki, Sri Lanka dan Asia Tenggara tercatat pernah menimba ilmu di sini.

universitas nalanda - the better india

Menurut The Diplomat, dana pembangunan universitas ini berasal dari sumbangan dari lima belas negara-negara Asia yang telah mengumpulkan dana sebesar US$500 juta, namun dana ini rupanya disebut-sebut hanya isu belaka.

Sementara itu, sedikitnya 15 mahasiswa baru sudah terdaftar dalam kelas Pembukaan meskipun pembangunan universitas di atas tanah seluas 184 hektar tersebut. (worldbulletin) 

Related Posts